Chocolate Mug Cake

Bangun pagi kali ini nggak seperti biasanya. Nggak ada suami di sebelah, dia lagi dinas ke Addis Ababa di Ethiopia sana sejak kemarin pagi. Jauh yeee… Bangun tidur trus beberes kasur, trus mau mandi. Eeee.. ada suami nge-LINE. Asikkkk dia udah bangun :mrgreen: Dan tentu saja rencana mandi pun tertunda demi chit chat melepas kangen *uhukkk..* 😳

Suami bilang dia mau sarapan. Terbayang deh sarapan di hotel makanannya enak-enak, ditambah lagi segala macam roti, cake, dan pastry. Tapi kenyataannya di rumah: nggak ada makanan, semua udah aku habiskan tadi malam. Mau bikin mie instant kok nggak asik banget, bayanginnya makanan enak tapi yang aku makan mie instant. Mau masak-masak dulu keburu ngilerrrr kena iming-iming sarapan suami.

Untuk makan berat lebih baik dilupakan dulu. Tunda sampai waktunya makan siang. Kita bikin pancake aja. Eh tapi tiba-tiba aku inget resep chocolate mug cake. Bikinnya kan cepet banget, lebih cepet dari bikin pancake! 5 menit aja cukup dari persiapan sampai matang. Cepet banget kannnn…. Sebelumnya udah berkali-kali coba mug cake, tapi nggak pernah berhasil. Pertama coba hasilnya keras banget, nggak bisa dimakan. Percobaan-percobaan berikutnya juga nggak jauh beda. Palingan empuk dikit, tapi bantet. Kali ini mau coba resep yang dikasih sama mbak Fifa, temen plurk. Dia udah coba, dan berhasil. Penasaran dong…. Apakah kali ini aku akan berhasil membuat chocolate mug cake-ku sendiri?

Resep diambil dari sini. Ini bahan-bahannya:

  • 4 sdm self-rising flour
  • 4 sdm gula
  • 1 telur
  • 3 sdm cocoa powder >> aku pake milo, adanya cuma itu
  • 3 sdm nutella
  • 3 sdm susu >> aku pake air
  • 3 sdm vegetable oil

Cara bikinnya gampang banget. Masukkan semua bahan tersebut ke dalam mug. Campur sampai rata pakai garpu. Pastikan mengaduk sampai dasar mug. Masukkan ke dalam microwave, setel ke high lalu masak selama 1,5-3 menit. Aku tadi sih coba 2 menit. Mateng deh. Oya, Pas masak jangan kaget ya, adonannya akan naik menjulang sampai keluar dari mug. Tapi setelah selesai dimasak dia bakalan turun lagi kok. Kalo punya whipped cream boleh juga dihias atasnya.

Lalu, apakah kali ini aku berhasil?

20131010-115439.jpg

Berhubung aku nggak punya persediaan apa-apa untuk hiasan, jadi ya maaf fotonya jadi kurang menarik :mrgreen:

Yayyy.. Berhasil dong, karena pake self-rising flour. Biasanya aku pake tepung terigu biasa, makanya gagal melulu. Cake-nya empuk banget, nggak bantat. Rasanya nggak usah diragukan lagi, enakkkk banget, apalagi kalo dimakan selagi panas. Nggak usah berkhayal sarapan di hotel deh kalo kayak gini. Makan satu mug cake udah kenyang banget untuk sarapan. Kapan-kapan kalo pingin cake coklat lagi bisa nih bikin lagi, nggak perlu beli-beli 😉

Advertisements

5 thoughts on “Chocolate Mug Cake

    • hahahaha… *bayangin ke kantor bawa tepung, telur, minyak goreng, dll 😆
      ini pake microwave, kalo pake oven nggak tau deh resepnya gimana.. mungkin sama tapi waktu masaknya lebih lama kali ya?

  1. kalo pake tepung biasa, dikasih baking powder berarti ya? Kemarin nih aku bikin pake tepung biasa, tapi ga pake baking powder.. mungkin bantat kali itu ya, tapi karena rasanya enak banget, ga peduli gitu makannya 😆

  2. Pingback: Sundaeftri Chocolariska | Chocolate (Mug) Cake

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s